April 19, 2024

SMP NEGERI I JAMBON PONOROGO

Jl. Watu Gong No,1 Krebet Jambon Ponorogo 63456

SARANA DAN PRASARANA

Pengertian Sarana dan Prasarana – Sarana dan Prasarana merupakan dua hal yang saling menunjang antara yang satu dengan yang satunya lagi. Namun bukan berarti jika tidak ada salah satu, maka salah satunya lagi tidak berfungsi sama sekali.

Secara harfiah keduanya sering didefinisikan sebagai satu hal yang sama alias satu kesatuan. Ternyata jika Pengertian Sarana dan Prasarana  dibedah lebih dalam, keduanya tidak serta merta sama.

Jadi apa itu pengertian sarana? apa pengertian prasarana? Dalam artikel ini kita akan membahasnya secara singkat dan padat.

Pengertian Sarana dan Prasarana

Pengertian sarana adalah alat yang dapat digunakan untuk melancarkan atau memudahkan manusia dalam mencapai tujuan tertentu.

Sarana berhubungan langsung dan menjadi penunjang utama dalam suatu aktivitas. Sarana dapat berbentuk benda bergerak dan tidak bergerak dan umumnya berbentuk kecil dan bisa dipindah-pindah.

Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang menunjang secara langsung atau tidak langsung segala jenis sarana. Umumnya prasarana dimiliki dan dibangun oleh pemerintah dalam bentuk benda tidak bergerak.

Contoh sederhana untuk memahami kedua pengertian diatas misalnya:

  • Ketika kita ingin berpergian kita akan menggunakan mobil sebagai sarana. Sedangkan jalan raya dan jembatan adalah prasarananya.
  • Disekolah kita menggunakan meja, bangku, komputer ,alat olah raga ataupun papan tulis sebagai sarana. Sedangkan bangunan sekolah, halaman sekolah,lapangan adalah contoh dari prasarananya.

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Meski terkesan sama, namun sarana dan prasarana memiliki perbedaan dalam hal pemakaiannya. sarana adalah peralatan yang bergerak dan umumnya dipakai secara langsung, misalnya ada kertas, pulpen, buku, komputer, dan lain-lain. 

Sedangkan prasarana adalah penunjang dan umumnya merupakan fasilitas yang tidak bergerak, misalnya gedung dan ruangan.

Sarana dan prasarana memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Dua hal ini adalah fasilitas penunjang manusia untuk dapat melakukan suatu pekerjaan dengan mudah dan efisien.

 

 

Berikut ini ini adalah beberapa perbedaan antara sarana dengan prasarana.

1. Bentuk

Pada umumnya, prasarana memiliki bentuk yang lebih besar sehingga susah atau tidak bisa dipindahkan. Sedangkan, sarana merupakan benda yang dapat dengan mudah dipindahkan karena memiliki bentuk yang lebih kecil. 

Prasarana juga memiliki sifat menetap di suatu tempat sedangkan sarana dapat dibawa dengan mudah.

2. Kepemilikan

Secara umum, sarana dapat dimiliki secara individu, swasta, dan pemerintah. Sedangkan, prasarana pada umumnya dimiliki suatu badan institusi seperti pemerintah dan swasta

3. Fungsi

Sarana memiliki fungsi utama dari sebuah aktivitas tertentu. Sedangkan prasarana pada umumnya memiliki fungsi sebagai penunjang.

4. Pembiayaan Pengadaan

Pembiayaan pengadaan sarana lebih kecil sehingga bisa dilakukan oleh pihak tertentu yang mengadakan suatu kegiatan.

Sedangkan, pembiayaan untuk pengadaan prasarana jauh lebih tinggi. Sehingga, pembiayaan sepenuhnya berasal dari suatu institusi tertentu seperti pemerintah.

Pada tahun 2020 ini SMPN 1 Jambon Ponorogo terus berbenah dalam Sarana maupun Prasarana sekolah, seperti :

  • Pembangunan Masjid AL-HIDAYAH
  • Rehabiitasi 4 ruang kelas dari program DAK
  • Pembangunan Lapangan Futsal dan Basket dari Program Komite sekolah
  • Penyempurnaan Sanitasi dan tempat Cuci tangan siswa
  • Pengadaan REOG MINI Sarana kesenian siswa Bantuan dari Kemenbud RI
  • dll
Tempat ibadah sarana beribadah siswa
Tempat ibadah sarana beribadah siswa
Lapangan Olag Raga Siswa
Gedung sekolah
La[angan Futsal