November 30, 2022

SMP NEGERI I JAMBON PONOROGO

Jl. Watu Gong No,1 Krebet Jambon Ponorogo 63456

Sejarah Singkat

SMPN 1 JAMBON PONOROGO

                     SMPN 1 Jambon Ponorogo yang di kenal oleh Masyarakat Jambon sekitarnya dengan sebutan SMP WATU GONG dinamakan WATU GONG karena SMPN 1 Jambon berlokasi di kaki pegunungan atau lereng WATU GONG tepatnya di Dusun Platang Desa Krebet Kecamatan Jambon Ponorogo Jawa Timur Arah Barat Daya ± 20 km dari Kota Ponorogo. SMP Negeri I Jambon di dirikan pada tahun 1996 oleh Pemerintah Pusat. SMP Negeri I Jambon saat berdiri masih bestatus sebagai SMP Negeri 3 Badegan karena saat itu wilayah Jambon masih dalam kawasan wilayah Kecamatan Badegan. Seiring dengan adanya Pemerkaran wilayah kecamatan baru yaitu Jambon menjadi Kecamatan baru pemekaran wiayah dari kecamatan Badegan,Kauman dan Balon pada sekitar tahun 1996 maka SMP Negeri I Jambon berangsur juga beralih status menjadi SMP Negeri 1 Jambon Ponorogo. Perubahan status meliputi  :

  1. Nama lembaga yang semula SMP Negeri 3 Badegan menjadi SMP Negeri 1 Jambon Ponorogo.
  2. SK Tenaga Pendidik dan Staf Administrasi juga mengalami perubahan, Tahun 1997 banyak tenaga baru dari hasil seleksi PNS tahun 1996 dengan status SK CPNS tertulis SMPN 3 Badegan Ponorogo.   Sehingga perlu pengusulan perubahan SK yang saat itu masih di bawah Kanwil Depdikbud Prop. Jawa Timur . Perubahan staus ini tidak serta merta langsung jadi akan tetapi memakan waktu sekitar 1-2 tahun.

SMPN 1 Jambon Ponorogo ketika di buka Operasionalnya Pada Tahun Pelajaran 1996/1997 dengan Pagu 2 kelas.   Dengan saat itu Tenaga Guru dan Staf Administrasi masih hampir semua berstatus GTT dan PTT. Pada tahun 1997 mulailah datang tenaga baru dari rekrutmen PNS Pusat Tahun 1996.

Di awal operasionalnya SMPN 1 Jambon masih di bawah kepemimpinan PLT Kepala sekolah dari SMPN 1 Badegan yang pada saat itu di pimpin oleh Bapak KASMANTO. Baru pada tahun 1997 pejabat depinitif Kepala sekolah  sudah di tetapkan dan Kepala sekolah Depinitif Pertama SMPN 1 Jambon Ponorogo adalah Bapak MARMAN yang berasal dari Desa Jatisari  Kec. Geger Kab. Madiun.

Berdasarkan Tahun operasional di atas maka pada Tahun 2020 saat ini SMPN 1 Jambon Ponorogo sudah meluluskan 22 Angkatan,

Demikian sejarah singkat SMPN 1 Jambon Ponorogo semoga menjadi wawasan bagi para pembaca

Tinjauan